REVIEW: THE TOWN (2010)

Jumat, 11 Februari 2011

|


Pertama kali tahu film ini dari resensi film di http://www.eonline.com/ Mendapat ulasan dan grade yang cukup bagus membuat saya menjadi penasaran dengan film terbarunya Ben Affleck ini. Rasanya sudah cukup lama saya tidak melihat dia. Kali ini dia bukan hanya membintangi The Town saja, tetapi dia juga lah yang menyutradarai dan menulis skrip film ini. Woooowwww..... triple job.

Kehandalan Ben Affleck sebagai sutradara kembali terbukti. The Town telah berhasil merajai Box Office Amerika Utara pada bulan November tahun lalu. The Town merupakan kelanjutan dari film Gone Baby Gone pada tahun 2007 yang juga disutradari dan dibintangi oleh Ben Affleck. Gone Baby Gone juga sukses meraup penghasilan sebesar USD 20,3 juta.

"The Town merupakan film yang menceritakan tentang perjalanan sekelompok perampok, yang terdiri dari Dough McRay (Ben Affleck), James Coughlin (Jeremy Renner), Albert 'Gloansy' Magloan (Slaine), dan Desmond Elden (Owen Burke). Keempat perampok ini berhasil merampok sebuah Bank dan menyadera manajer Bank tersebut, Claire Keesey (Rebecca Hall). Malang untuk James karena Claire sempat melihat tatto di tengkuk lehernya saat dia sedang merampok di Bank tersebut. Namun Claire tidak berani mengungkapkan hal tersebut kepada agen FBI dan kepolisian yang menangani kasus tersebut. Beberapa waktu kemudian Dough mulai jatuh hati dengan Claire dan mereka pun menjadi sepasang kekasih. Claire tidak pernah mengetahui bahwa Dough adalah pelaku dan otak perampokan di Bank tempat dia bekerja.


Ketidak tahuan Claire tidak berlangsung lama, karena pada akhirnya Claire mengetahui jati diri sebenarnya dari Dough. Pada saat yang bersamaan, Dough sedang melangsungkan aksinya kembali, yaitu merampok di sebuah Stadion."

Affleck dapat menjaga ritme film ini dengan baik. Sebagai seorang sutradara, Affleck telah berhasil membawa film ini menjadai sajian yang layak untuk dinikmati. Dia berhasil menjaga intensitas film ini dan membuktikan kualitas aktingnya yang sepatutnya tidak diremehkan. Untuk skrip pun terasa mengalir dan apa adanya, tidak ada sesuatu yang berlebihan. Semua pemeran berhasil memunculkan greget film juga karena dialog-dialog antar pemainnya yang kuat.

Rasanya saat menonton The Town saya menjadi teringat kembali dengan film Takers yang keluar tahun lalu. Sama-sama menceritakan sekelompok perampok yang diakhir aksinya mengorbankan banyak anggotanya mati di tangan polisi dan FBI. Kedua film ini berhasil membuat saya tergiur untuk tetap berada di depan layar untuk menyaksikan adegan demi adegan hingga film selesai.

Kekuatan akting Aflleck di sini tidak lepas dengan kehebatan akting dari para pemeran tokoh lainnya, antara lain Rebeca Hall. Hall dan Affleck berhasil memunculkan chemistry di antara mereka hingga penonton pun ikut terbawa dengan kisah percintan mereka. Walaupun sebenarnya kisah percintaan yang diselipkan ke dalam film ini tidak ada yang istimewa, namun menurut saya Hall dan Affleck tampil 'klik' dalam The Town. Rasanya setiap film dengan tipe seperti ini pasti akan diselipkan sedikit kisah percintaan yang berguna untuk menurunkan tensi ketegangan penonton setelah banyak disajikan adegan-adegan aksi yang cukup heboh. Selain dengan Hall, Affleck juga terlihat pas dan kompak dengan anggota kawanan perampoknya. Mereka terlihat menyatu, sehingga rasanya memang tidak mungkin kelompok perampok itu dapat berjaan jika tanpa kehadiran Affleck di dalamnya. Namun sayang, kelemahannya adalah hubungan Affleck dengan Slaine dan Owen Burke kurang mendalam. Di sini kita hanya dapat melihat kedalaman hubungan Affleck dengan James Renner dan Blake Lively. Akhirnya menimbulkan kesan kalau Slaine dan Owen Burke hanya merupakan tokoh tambahan yang sebenarnya tidak memiliki arti yang krusial dalam keseluruhan cerita film.

Sudah pasti adegan puncak dalam film ini menjadi salah satu bagian terfavorit saya. Sebenarnya saya tidak merasa ada sesuatu yang berbeda dalam adegan puncaknya. Dipenuhi oleh deg-degan dan bertanya-tanya siapa kiranya yang akan mati terlebih dahulu, dan yang paling pasti adalah pasti tokoh 'jagoan'nya akan berhasil lolos. Yepppp...semua tebakan saya ini benar. Anggota kawanan perampok itu akhirnya mati satu per satu dan Affleck berhasil melarikan diri. Selain itu adegan ketika Affleck berhasil meloloskan diri dan kembali ke apartemennya. Pada saat itu dia segera menelepon Hall, padahal dia dapat melihat Hall dengan jelas dari kaca jendela kamar apartemennya. Dia mengetahui dengan jelas bahwa Hall berada dalam tekanan dan pengawasan FBI yang menyuruh Hall untuk meminta Affleck datang ke apartemennya untuk kemudian diciduk oleh FBI.

Dalam The Town lagi-lgi kita disuguhkan mengenai keliahain dan kecerdikan antara polisi dan FBI dengan kawanan perampok. Seolah-olah seperti sedang menguji siapa yang lebih cepat, lihai, dan cerdik. Apakah para kawanan polisis dan FBI atau justru mereka kalah segala-galanya dari kawanan perampok?

Bagi anda yang menyukai genre film drama, crime, thriller maka The Town pantas anda saksikan ditambah lagi mengingat James Renner berhasil mendapatkan nominasi dalam Oscar tahun ini, maka dapat dipastikan kalau The Town memang termasuk ke dalam salah satu jajaran film terbaik tahun ini.

Happy Watching..







0 komentar:

Posting Komentar

It's About What???

2006 (3) 2007 (1) 2008 (5) 2009 (4) 2010 (37) 2011 (43) 3D (4) Academy Awards (2) Action (13) Adam Sandler (1) Adventure (1) Alex Pettyfer (1) Amanda Seyfried (3) Amber Heard (2) Amy Adams (1) Andrew Garfield (1) Angelina Jolie (1) Anne Hathaway (2) Ashton Kutcher (1) Asian (6) Ben Affleck (2) Ben Stiller (1) Biography (4) Blake Lively (1) Bruce Willis (2) Cam Gigandet (1) Cameron Diaz (1) Chloë Moretz (1) Chris Cooper (1) Chris Pine (1) Christian Bale (1) Christina Aguilera (1) Christina Ricci (1) CIA (1) Colin Firth (1) Comedy (10) Crime (11) Dakota Fanning (1) Dance (1) Daniel Radcliffe (1) Denzel Washington (1) Documenter (1) Drama (49) Drew Barrymore (2) Dustin Hoffman (1) Dwayne Johnson (1) Education (1) Emma Roberts (1) Emma Watson (1) Erotic (1) Facebook (2) Family (16) Fantasy (11) Fiction (4) Game (1) Game Online (1) Geoffrey Rush (1) Gerrard Butler (1) Halle Berry (1) Han Ji-Hye (1) Hayden Panettiere (1) Helena Bonham-Carter (1) History (1) Horror (20) India (1) Jake Gyllenhaal (1) Jalan-jalan (1) Jason Statham (1) Jennifer Aniston (1) Jennifer Lopez (1) Jepang (2) Jesse Eisenberg (2) Jessica Alba (1) Johny Depp (1) Josh Duhamel (1) Julia Roberts (1) June (1) Justin Long (2) Justin Timberlake (1) Kate Beckinsale (1) Katherine Heigl (1) Keira Knightley (1) Kevin Costner (1) Kristen Bell (2) Lee Chun-Hee (1) Lee Hwi-Hyang (1) Leighton Meester (1) Liam Neeson (1) Life As We Know It (2) Lippo Cikarang (1) Little Fockers (1) Logan Lerman (1) Ludacris (1) March (1) Mark Wahlberg (1) Mark Zuckerberg (1) Mary-Kate Olsen (1) Michelle Williams (1) Mila Kunis (1) Morgan Freeman (1) Movie (64) Movie Release (3) MTV Movie Awards (1) Musical (1) Mystery (11) Naomi Watts (1) Natalie Portman (2) Nicholas Cage (1) Nicole Kidman (1) November (1) Oscar (2) Owen Wilson (2) Psikologis (3) Ray Winstone (1) Rebeca Hall (1) Review (61) Robert De Niro (2) Romance (14) Rosario Dawson (1) Rupert Grint (1) Russel Crowe (1) Ryan Gosling (1) Ryan Reynolds (1) Sam Rockwell (1) SciFi (3) Sean Penn (1) South Korea (3) Sport (1) Synopsis (10) Thailand (1) Thriller (25) Tommy Lee Jones (1) Vanessa Hudgens (1) Waterboom (1)

Count Me In....

Diberdayakan oleh Blogger.
 
blog-indonesia.com