REVIEW: WEDDING DRESS (2010)

Minggu, 12 Juni 2011

|

Lagi-lagi film drama Korea menunjukkan kebolehannya dalam film drama, termasuk drama keluarga. Beberapa film Hollywod saja kesulitan untuk membuat cerita drama yang benar-benar berbobot namun menarik. Dalam bebrapa tahun belaknagan ini film-film drama Hollywood yang benar-benar berkualitas dari segi cerita dapat dihitung dengan jari, selebihnya merupakan film drama yang memiliki kualitas cerita yang sangat ringan. Wedding Dress merupakan film drama Korea yang menurut saya sukses dari berbagai sisi, baik dari cerita hingga akting para pemainnya.

"Ko-woon (Song Yun-Ah) seorang single mother yang memiliki satu orang putri bernama So-ra (Kim Hyang-Gi) yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Ko-woon bekerja sebagai perancang busana pengantin di sebuah rumah mode di Korea. Ko-woon mengidap kanker yang menyebabkan dia harus rutin check up serta meminum obat. Terhadap So-ra dia selalu terlihat kuat, tegar, dan ceria. So-ra tidak tahu mengenai penyakit yang mendera ibunya.
So-ra merupakan seseok anak yang introvert. Hal ini lah yang menyebabkan So-ra tidak memiliki teman satu pun, baik di sekolah maupun di tempat les menari baletnya. Padahal Ko-woon sengaja mendaftarkan So-ra di tempat les menari balet agar anaknya dapat lebih bersosialisasi dengan orang lain. Keadaan yang terjadi justru So-ra selalu bolos dalam kelas menarinya. Melihat keadaan sosial So-ra yang dianggapnya sangat memprihatinkan membuat Ko-woon merasa sangat bingung dan sedih. Dia hanya menginginkan So-ra  memiliki hubungan sosial yang baik, mempunyai banyak teman, dan bisa melihat anaknya ikut lomba menari balet.
Tidak jarang sebenarnya So-ra melihat ibunya sedang menahan sakit dan bersembunyi di kamar mandi agar tidak dilihat So-ra. Selain itu, So-ra juga mengetahui keadaan ibunya yang sering meminum obat  di berbagai keadaan, baik sedang tidak sakit maupun ketika sedang menahan rasa sakit, namun dia tidak berani menanyakan langsung ke ibunya menganai kesehatannya. Dia memilih untuk tetap diam dan berpura-pura tidak mengetahui keadaan ibunya yang sakit, namun dia tetap berusaha memastikan mengenai penyakit yang mendera ibunya dengan bertanya langsung ke bibinya yang merupakan kakak ipar dari ibunya. So-ra memohon kepada bibinya agar tidak memberitahu ibunya mengenai dia yang sudah tahu keadaan sakit ibunya.
So-ra sedikit demi sedikit mulai paham mengenai harapan ibunya kepada dirinya. Dia pun berusaha memperbaiki hubungan sosialnya dengan orang-orang di sekitarnya, dia juga menjadi rajin berlatih balet agar dia dapat mengikuti perlombaan balet yang akan segera diselenggarakan. Ketika keadaan Ko-woon semakin memburu dan memaksa dirinya untuk dirawat di rumah sakit So-ra sangat sedih dan berusaha untuk membahagiakan ibunya yang sedang tergeletak di rumah sakit. So-ra meminta bantuan teman-temannya untuk menjenguk ibunya di rumah sakit. Melihat So-ra membawa teman-temannya datang menjenguk dirinya, Ko-woon merasa sangat bahagia. Apalagi dia juga mengetahui So-ra akan mengikuti lomba balet dalam waktu dekat dan dia berusaha sekuat tenaga agar dia dapat dtang meihat pertunjukkan anaknya.
Semua yang So-ra lakukan berhasil membuat Ko-woon bahagia dan menjadi lega untuk meninggalkan So-ra."

Wedding Dress benar-benar berhasil menyentuh saya, terutama melihat akting Kim Hyang-Gi yang memerankan tokoh So-ra. Hyang-Gi benar-benar bermain total dan akhirnya membuat tokoh So-ra menjadi benar-benar hidup dan membuat penonton terbawa dengan segala emosinya. Bukan hanya Hyang-Gi saja yang bermain total, Hyang-Gi dibantu oleh Song Yun-Ah yang bermain sebagai karakter ibunya. Yun-Ah pun berhasil menghidupkan karakternya dan lagi-lagi juga membuat penonton terbawa suasana oleh karakternya. Mereka memperlihatkan hubungan yang sangat kuat antara ibu dengan anak, apalagi dia merupakan single parent yang harus mempersiapkan anaknya untuk menjadi lebih kuat karena cepat atau lambat So-ra pasti akan menjadi anak yatim piatu.

Film ini jelas memunyai pesan sosial yang jelas dan sangat mudah untuk ditangkap oleh penonton, yaitu dalam hubungan antara ibu dan anak dibutuhkan kerjasama di antara kedua belah pihak dan yang diutamakan adalah rasa saling pengertian dan mau untuk berbagi. Ko-woon dan So-ra menunjukkan hubungan yang kuat antara ibu dan anak, bagaimana mereka saling berbagi, mengisi, dan mengerti satu sama lain. Melihat perjuangan So-ra yang selalu terlihat tegar di depan ibunya dan bagaimana perjuangan dia untuk membuktikan ke ibunya bahwa dirinya bisa memnuhi semua harapan Ko-woon terhadap dirinya.

Salah satu adegan yang paling membuat saya tidak bisa menahan air mata adalah ketika So-ra bangun di pagi hari dan menyadari ibunya telah meninggal namun dia tetap bertingkah seperti biasanya dan memutuskan untuk keluar dari kamar ibunya. Di sana dia hanya sendiri dan menangis dengan putus asa menyedari kini dia telah ditinggal pergi ibunya untuk selma-lamanya.

Bagi para pencinta drama, maka Wedding Dress menjadi salah satu tontonan wajib untuk Anda saksikan.

Happy Watching...





0 komentar:

Posting Komentar

It's About What???

2006 (3) 2007 (1) 2008 (5) 2009 (4) 2010 (37) 2011 (43) 3D (4) Academy Awards (2) Action (13) Adam Sandler (1) Adventure (1) Alex Pettyfer (1) Amanda Seyfried (3) Amber Heard (2) Amy Adams (1) Andrew Garfield (1) Angelina Jolie (1) Anne Hathaway (2) Ashton Kutcher (1) Asian (6) Ben Affleck (2) Ben Stiller (1) Biography (4) Blake Lively (1) Bruce Willis (2) Cam Gigandet (1) Cameron Diaz (1) Chloë Moretz (1) Chris Cooper (1) Chris Pine (1) Christian Bale (1) Christina Aguilera (1) Christina Ricci (1) CIA (1) Colin Firth (1) Comedy (10) Crime (11) Dakota Fanning (1) Dance (1) Daniel Radcliffe (1) Denzel Washington (1) Documenter (1) Drama (49) Drew Barrymore (2) Dustin Hoffman (1) Dwayne Johnson (1) Education (1) Emma Roberts (1) Emma Watson (1) Erotic (1) Facebook (2) Family (16) Fantasy (11) Fiction (4) Game (1) Game Online (1) Geoffrey Rush (1) Gerrard Butler (1) Halle Berry (1) Han Ji-Hye (1) Hayden Panettiere (1) Helena Bonham-Carter (1) History (1) Horror (20) India (1) Jake Gyllenhaal (1) Jalan-jalan (1) Jason Statham (1) Jennifer Aniston (1) Jennifer Lopez (1) Jepang (2) Jesse Eisenberg (2) Jessica Alba (1) Johny Depp (1) Josh Duhamel (1) Julia Roberts (1) June (1) Justin Long (2) Justin Timberlake (1) Kate Beckinsale (1) Katherine Heigl (1) Keira Knightley (1) Kevin Costner (1) Kristen Bell (2) Lee Chun-Hee (1) Lee Hwi-Hyang (1) Leighton Meester (1) Liam Neeson (1) Life As We Know It (2) Lippo Cikarang (1) Little Fockers (1) Logan Lerman (1) Ludacris (1) March (1) Mark Wahlberg (1) Mark Zuckerberg (1) Mary-Kate Olsen (1) Michelle Williams (1) Mila Kunis (1) Morgan Freeman (1) Movie (64) Movie Release (3) MTV Movie Awards (1) Musical (1) Mystery (11) Naomi Watts (1) Natalie Portman (2) Nicholas Cage (1) Nicole Kidman (1) November (1) Oscar (2) Owen Wilson (2) Psikologis (3) Ray Winstone (1) Rebeca Hall (1) Review (61) Robert De Niro (2) Romance (14) Rosario Dawson (1) Rupert Grint (1) Russel Crowe (1) Ryan Gosling (1) Ryan Reynolds (1) Sam Rockwell (1) SciFi (3) Sean Penn (1) South Korea (3) Sport (1) Synopsis (10) Thailand (1) Thriller (25) Tommy Lee Jones (1) Vanessa Hudgens (1) Waterboom (1)

Count Me In....

Diberdayakan oleh Blogger.
 
blog-indonesia.com