REVIEW: TRIANGLE (2011)

Minggu, 29 Mei 2011

|

Christopher Smith namanya juga dikenal melalui film Black Death (2010). Selain Black Death (2010) film lain yang juga di-handle oleh Smith adalah Severance (2006), Creep (2004), The Day Grandad Went Blind (1998), dan The 10.000 Days (1997). Smith memiliki peran yang sangat besar dalam semua film yang dia handle, selain sebagai sutradara dia juga berperan sebagai penulis naskah ke semua film tersebut, begitu juga kali ini dalam film Triangle. Triangle sendiri sebenarnya sudah dirilis di USA sejak tahun 2009 lalu.

Dalam filmnya kali ini, Smith mempercayakan Melissa George untuk memerankan Jess yang notabene merupakan tokoh utama. Melissa sendiri bukan orang baru dalam dunia perfilman. Dia memang tidak banyak mendapatkan peran dalam film-film layar lebar, tetapi untuk bagian TV Series dia jagonya. Melissa telah bermain untuk TV Series sejak tahun 1993. Pada saat itu dia berperan sebagai Angel Brooks/Angel Parish dalam film Home and Away (1993-1996), selain itu juga telah bermain dalam Charmed (2003) sebagai Freyja, Alias (2003-2005) sebagai Lauren Reed, In Treatment (2008) sebagai Laura Hill, Grey's Anatomy (2008-2009) sebagai Dr. Saddie Harris, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk perannya dalam layar lebar, Melissa juga pernah bermain untuk film 30 Days of Night (2007) sebagai Stella Olesson.

"Jess (Melissa George) merupakan ibu rumah tangga yang memiliki satu anak laki-laki. Dia hidup sebagai single parent. Hal ini membuat Jess menjadi merasa memiliki tekanan tersendiri. Singkat cerita, Jess memutuskan untuk pergi berlayar bersama dengan teman-temannya. Di tengah perjalanan terjadi badai yang menyebabkan kapal yang mereka tumpangi karam. Mereka berusaha bertahan hingga badai selesai dan pada saat itu mereka melihat ada sebuah kapal laut besar yang mendekat ke arah mereka. Akhirnya setelah berteriak-teriak meminta tolong kapal tersebut menjulrkan tangganya agar mereka bisa naik ke kapal tersebut.
Sesampainya di dalam kapal tersebut, Jess bersama teman-temannya mengelilingi kapal untuk mencari orang-orang yang berada di kapal itu. Namun kenyataannya di kapal tersebut tidak ada orang. Mereka pun merasa sangat heran dan semakin lama justru membuat keadaan semakin mencekam. Jess merasa seperti dirinya mengalami de javu. Keadaan semakin kacau ketika mereka menyadari bahwa mereka tidak sendiri dalam kapal itu. Di tengah kebingungan mereka tiba-tiba mereka dikejutkan oleh munculnya sesosok orang yang memakai topeng dan mengicar mereka satu per satu untuk.... dibunuh."

Di awal, film ini memiliki alur maju yang jelas, namun ketika sudah berada di tengah-tengah cerita, alurnya mulai membuat penonton menjadi bingung. Apalagi kalau memikirkan karakter Jess yang sebenarnya yang mana. Bahkan Triangle memilih alur bolak-balik, maksudnya adalah ketika semua teman Jess mati dan hanya meninggalkan dia seorang diri maka adegan selanjutnya berkali-kali balik ke adegan ketika mereka berada di tengah laut sehabis kapal mereka karam diterjang ombak. Sebenarnya hal tersebut sudah membuat saya sangat bosan dengn filmnya. Terasa terlalu menghabiskan waktu namun ternyata tetap berhasil membuat saya merasa semakin penasaran. Hal berbeda saya rasakan ketika akhirnya film berakhir. Saya merasa percuma menonton film ini karena tidak menghadirkan penyelesaian yang jelas. Intinya adalah cerita film ini hanya berputar-putar saja. Menurut saya hal tersebut bukan hal yang membuat film ini menjadi luar biasa.

Tidak ada yang dapat dinikmati dengan baik dalam film ini kecuali rasa penasaran penonton yang terjaga hingga di pertengahan konflik yang dihadirkan. Tata pengambilan gambar, suara, dan sinematografi yang dihadirkan dalam Triangle terasa sangat biasa. Mungkin Christopher Smith memang ingin mengedepankan alur cerita yang bolak-balik tersebut sebagai hal utama dalam filmnya. Namun hal tersebut bagi saya masih sangat jauh dari kata berhasil. Alih-alih membuat penonton penasaran justru malah membuat saya yang menonton film ini merasa bosan dan semakin tidak ada tantangannya. Ditambah lagi dengan tidak adanya penyelsaian konflik yang jelas dalam film ini.

Untuk jalan cerita dan alur cerita yang dihadirkan dalam Triangle menurut saya membuat akting para pemainnya juga menjadi stuck dan tidak ada yang luar biasa. Namun mereka tetap telah memainkan peran masing-masing dengan cukup baik. Seandainya film ini lebih menitik beratkan dengan masalah psikologis yang dialami Jess, mungkin beberapa peran di sini akan lebih berkembang dan terasa geregetnya. Untuk akting Melissa George sendiri sudah cukup memuaskan. Dia berhasil menampilkan bagaimana depresinya dia dengan keadaan keluarga dan dirinya sendiri. Hal lain yang masih tetap sayangkan adalah karena Triangle mencap dirinya sebagai film yang ber-genre drama, mystery, dan thriller. Drama yang coba ditawarkan memang terasa lebih dominan dari pada mystery dan thriller-nya. Saa rasa Christopher Smith masih harus banyak belajar bagaimana membuat film mystery dan thriller dengan lebih baik.

Untuk Anda yang penasaran ingin mengetahui Triangle lebih lanjut silahkan Anda saksikan sendiri filmnya.

Happy Watching..






2 komentar:

Anonim mengatakan...

sebenarnya,jess dalammfilm ini,dah mati kan ? kalo gitu jess dan semua temen2x itu hantu ? masik bingung nie

aida michiru mengatakan...

iya nih. ambigu

Posting Komentar

It's About What???

2006 (3) 2007 (1) 2008 (5) 2009 (4) 2010 (37) 2011 (43) 3D (4) Academy Awards (2) Action (13) Adam Sandler (1) Adventure (1) Alex Pettyfer (1) Amanda Seyfried (3) Amber Heard (2) Amy Adams (1) Andrew Garfield (1) Angelina Jolie (1) Anne Hathaway (2) Ashton Kutcher (1) Asian (6) Ben Affleck (2) Ben Stiller (1) Biography (4) Blake Lively (1) Bruce Willis (2) Cam Gigandet (1) Cameron Diaz (1) Chloë Moretz (1) Chris Cooper (1) Chris Pine (1) Christian Bale (1) Christina Aguilera (1) Christina Ricci (1) CIA (1) Colin Firth (1) Comedy (10) Crime (11) Dakota Fanning (1) Dance (1) Daniel Radcliffe (1) Denzel Washington (1) Documenter (1) Drama (49) Drew Barrymore (2) Dustin Hoffman (1) Dwayne Johnson (1) Education (1) Emma Roberts (1) Emma Watson (1) Erotic (1) Facebook (2) Family (16) Fantasy (11) Fiction (4) Game (1) Game Online (1) Geoffrey Rush (1) Gerrard Butler (1) Halle Berry (1) Han Ji-Hye (1) Hayden Panettiere (1) Helena Bonham-Carter (1) History (1) Horror (20) India (1) Jake Gyllenhaal (1) Jalan-jalan (1) Jason Statham (1) Jennifer Aniston (1) Jennifer Lopez (1) Jepang (2) Jesse Eisenberg (2) Jessica Alba (1) Johny Depp (1) Josh Duhamel (1) Julia Roberts (1) June (1) Justin Long (2) Justin Timberlake (1) Kate Beckinsale (1) Katherine Heigl (1) Keira Knightley (1) Kevin Costner (1) Kristen Bell (2) Lee Chun-Hee (1) Lee Hwi-Hyang (1) Leighton Meester (1) Liam Neeson (1) Life As We Know It (2) Lippo Cikarang (1) Little Fockers (1) Logan Lerman (1) Ludacris (1) March (1) Mark Wahlberg (1) Mark Zuckerberg (1) Mary-Kate Olsen (1) Michelle Williams (1) Mila Kunis (1) Morgan Freeman (1) Movie (64) Movie Release (3) MTV Movie Awards (1) Musical (1) Mystery (11) Naomi Watts (1) Natalie Portman (2) Nicholas Cage (1) Nicole Kidman (1) November (1) Oscar (2) Owen Wilson (2) Psikologis (3) Ray Winstone (1) Rebeca Hall (1) Review (61) Robert De Niro (2) Romance (14) Rosario Dawson (1) Rupert Grint (1) Russel Crowe (1) Ryan Gosling (1) Ryan Reynolds (1) Sam Rockwell (1) SciFi (3) Sean Penn (1) South Korea (3) Sport (1) Synopsis (10) Thailand (1) Thriller (25) Tommy Lee Jones (1) Vanessa Hudgens (1) Waterboom (1)

Count Me In....

Diberdayakan oleh Blogger.
 
blog-indonesia.com