REVIEW: SCRE4M (2011)

Selasa, 31 Mei 2011

|

Wes Craven akhirnya memenuhi permintaan para fans film Scream untuk membuat kelanjutan cerita mengenai Sidney Prescott yang selalu dikejar-kejar oleh Ghostface. Scream pertama kali muncul pada tahun 1996, lalu Wes meneruskan cerita mengenai Sidney pada tahun 1997 (Scream 2) dan tahun 2000 (Scream 3). Butuh waktu selama 11 tahun untuk kembali menggarap cerita keempat film ini.

Sepak terjang Wes sendiri sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dalam dunia perfilman khususnya film horor dan slasher. Seluruh film Scream sebelumnya pun digarap langsung oleh Wes. Selain Scream tentu kita juga mengetahui film The Hills Have Eyes  (1977, 1985, 2006, & 2007), A Night Mare on Elm Street (1984, 1985, 1987, 1988, 1989, & 2010), Freddy VS Jason (2003), Freddy VS Ghostbusters (2004), Pulse (2006), dan masih banyak lagi yang merupakan film-film yang ditangani oleh Wes. Dari sini sudah sangat jelas bahwa Wes merupakan spesialis film horor dan slasher.

Tentu saja dalam Scre4m kali ini tokoh yang menjadi pusat utamanya adalah Sidney Prescott (Neve Campbell). Kali ini Scre4m pun dihujani oleh beberapa bintang papan atas, seperti Hayden Panettiere, Kristen Bell, Anna Paquin, Emma Roberts, Courtney Cox, dan David Arquette. Dengan jajaran nama bintang tersebut membuat para fans Scream menjadi semakin penasaran dengan film yang keempat ini, walau beberapa nama beken di atas hanya muncul beberapa detik.

"Sidney Prescott kini memutuskan untuk kembali ke kota asalnya, yaitu Woodsboro, setelah 15 tahun dia meninggalkan kota tersebut. Kembalinya Sidney ke Woodsboro juga salah satunya dikarenakan dia hendak mempromosikan buku yang baru dia selesaikan. Buku tersebut mengisahkan mengenai pengalamannya selama ini yang selalu didatangi oleh Ghostface.
Ketika Sidney sedang melakukan promosi bukunya, Dewey Riley (David Arquette) memberhentikan acara Sidney karena menduga Ghostface pun telah kembali menteror di Woodsboro. Melihat adanya pembunuhan terhadap siswa high school di sana maka Dewey pun memutuskan untuk memberikan perlindungan kepada Sidney dan keluarganya. Di kota itu Sidney tinggal bersama dengan sepupunya yang memiliki seorang anak gadis, yaitu Jill Roberts (Emma Roberts).

Pada malam itu Jill mengajak Kirby Reed (Hayden Panettiere) untuk menginap di rumahnya. Ketika mereka sedang menghabiskan waktu dengan menonton di kamar Jill tiba-tiba mereka mendapatkan telepn teror yang diduga sebagai sang pembunuh. Dalam sekejap mereka melihat langsung kejadian ketika Olivia Morris (Marielle Jaffe) dibunuh dengan sangat sadis di kamarnya yang terletak tepat diberang kamar Jill.
Semakin lama teror pun semakin menjadi-jadi dan membuat Sidney tidak dapat lagi menghindar dari Ghostface yang selamaini mengincarnya. Selain itu, Sidney pun harus menerima kenyataan pahit untuk kesekian kalinya mengenai pelaku sebenarnya yang selama ini bersembunyi di balik topeng Ghostface tersebut."

Scre4m kali ini memang tidak menawarkan sesuatu yang baru dalam segi cerita maupun adegan-adegan slasher yang ditampilkan. Wallaupun Wes Craven memang sudah dapat disebut sebagai 'bapaknya film horor dan slasher' namun kenyataannya Wes tetap menampilkan Scre4m dengan kesan yang monoton. Semua adegan tegang dan slasher-nya dapat kita lihat di film-film horor dan slasher lain. Satu-satunya yang membuat film ini mempunyai daya tarik adalah..........karena ini film Scream. Dengan tokoh Sidney yang tentu kisahnya juga sudah sangat familiar oleh para pecinta film horor maka dapat dengan mudah membuat Scre4m kali ini terdongkrak popularitas serta pendapatannya.

Ending yang ditawarkan dalam Scre4m memang tidak mengecewakan, bahkan saya tidak menduga salah seorang yang menjadi penjahatnya. Namun sayangnya ketika film sudah sampai bagian di mana Sidney dikejar-kejar oleh Ghostface di rumah Kirby sebenarnya jalan cerita mengenai siapa yang berada di balik topeng jahat tersebut sudah menjadi jelas terbaca. Namun hal ini memang mebutuhkan sedikit kejelian dari mata para penontonnya. Walau tidak ada yang spesial dalam segi keseluruhan ceritanya namun saya tetap menyukai Scre4m karena film ini tetap berhasil membuat saya kaget beberapa kali.

Karakter Sidney kali ini memang tidak mendapatkan peran terlalu banyak namun hebatnya Wes tetap dapat menjaga keseimbangan karakter Sidney antara karakter lain yang justru mendapatkan porsi lebih banyak dalam film ini. Neve Campbell sebagai pemeran Sidney juga sudah tidak sepatutnya diragukan aktingnya. Dia sangat menyatu dengan karakter Sidney. Walau film ini telah menghilang sekian lama namun Neve tetap bisa menampilkan kembali karakter Sidney dengan baik. Selanjutnya yang menjadi perhatian utama saya dalam film ini adalah akting dari Emma Roberts dan Hayden Panettiere. Wow.....saya rasa two thumbs up layak diberikan ke mereka, karena akting mereka tidak mengecewakan, terutama Emma Roberts.

Untuk para penggemar film horor dan slasher Scre4m memang dapat menjadi salah satu tontonan yang menarik yang bisa disaksikan, terutama untuk para fans film ini.

Happy Watching...










0 komentar:

Posting Komentar

It's About What???

2006 (3) 2007 (1) 2008 (5) 2009 (4) 2010 (37) 2011 (43) 3D (4) Academy Awards (2) Action (13) Adam Sandler (1) Adventure (1) Alex Pettyfer (1) Amanda Seyfried (3) Amber Heard (2) Amy Adams (1) Andrew Garfield (1) Angelina Jolie (1) Anne Hathaway (2) Ashton Kutcher (1) Asian (6) Ben Affleck (2) Ben Stiller (1) Biography (4) Blake Lively (1) Bruce Willis (2) Cam Gigandet (1) Cameron Diaz (1) Chloë Moretz (1) Chris Cooper (1) Chris Pine (1) Christian Bale (1) Christina Aguilera (1) Christina Ricci (1) CIA (1) Colin Firth (1) Comedy (10) Crime (11) Dakota Fanning (1) Dance (1) Daniel Radcliffe (1) Denzel Washington (1) Documenter (1) Drama (49) Drew Barrymore (2) Dustin Hoffman (1) Dwayne Johnson (1) Education (1) Emma Roberts (1) Emma Watson (1) Erotic (1) Facebook (2) Family (16) Fantasy (11) Fiction (4) Game (1) Game Online (1) Geoffrey Rush (1) Gerrard Butler (1) Halle Berry (1) Han Ji-Hye (1) Hayden Panettiere (1) Helena Bonham-Carter (1) History (1) Horror (20) India (1) Jake Gyllenhaal (1) Jalan-jalan (1) Jason Statham (1) Jennifer Aniston (1) Jennifer Lopez (1) Jepang (2) Jesse Eisenberg (2) Jessica Alba (1) Johny Depp (1) Josh Duhamel (1) Julia Roberts (1) June (1) Justin Long (2) Justin Timberlake (1) Kate Beckinsale (1) Katherine Heigl (1) Keira Knightley (1) Kevin Costner (1) Kristen Bell (2) Lee Chun-Hee (1) Lee Hwi-Hyang (1) Leighton Meester (1) Liam Neeson (1) Life As We Know It (2) Lippo Cikarang (1) Little Fockers (1) Logan Lerman (1) Ludacris (1) March (1) Mark Wahlberg (1) Mark Zuckerberg (1) Mary-Kate Olsen (1) Michelle Williams (1) Mila Kunis (1) Morgan Freeman (1) Movie (64) Movie Release (3) MTV Movie Awards (1) Musical (1) Mystery (11) Naomi Watts (1) Natalie Portman (2) Nicholas Cage (1) Nicole Kidman (1) November (1) Oscar (2) Owen Wilson (2) Psikologis (3) Ray Winstone (1) Rebeca Hall (1) Review (61) Robert De Niro (2) Romance (14) Rosario Dawson (1) Rupert Grint (1) Russel Crowe (1) Ryan Gosling (1) Ryan Reynolds (1) Sam Rockwell (1) SciFi (3) Sean Penn (1) South Korea (3) Sport (1) Synopsis (10) Thailand (1) Thriller (25) Tommy Lee Jones (1) Vanessa Hudgens (1) Waterboom (1)

Count Me In....

Diberdayakan oleh Blogger.
 
blog-indonesia.com