REVIEW: THE TOURNAMENT (2011)

Sabtu, 12 Maret 2011

|

The Tournament ternyata sudah rampung sejak tahun 2009, tapi (lagi-lagi) baru masuk ke Indonesia tahun ini. Yup... tahun 2011. Ckckck.. The Tournament dibintangi Robert Carlyle, Liam Cunningham, Ian Somerhalder, dan salah satu aktris terbaik di Asia, Kelly Hu. The Tournament disutradarai oleh Scott Mann yang memang belum terlalu banyak memiliki pengalaman di bidang perfilman Hollywood. Scott lebih berpengalaman dalam menyutradarai film-film series, sebut saja Stars In Their Eyes Kids (2001), Antique Fair (1999), Stars In Their Eyes (1990). Scott juga lebih banyak pengalamannya dalam menggarap film-film pendek, seperti Chaingangs (2003), Pocket Thief (2006), dan Tug of War (2006). Sedangkan untuk penulis naskah, The Tournament menyerahkan tanggung jawab kepada Gary Young dan Jonathan Frank yang sama-sama memiliki pengalaman mini dalam perfilman Hollywood. Dengan serba minimnya pengalaman sang sutradara dan penulis naskah dalam perfilman Hollywood maka wajar saja jika The Tournament akhirnya tampil dengan alakadarnya.

"Setiap tujuh tahun sekali di sebuah kota yang tidak terduga diselenggarakan sebuah turnamen untuk 30 pembunuh bayaran. Mereka diminta untuk saling membunuh satu sama lain. Mereka hanya diberikan waktu 24 jam untuk saling membunuh, dan orang terkahir yang berhasil survive maka dia lah yang akan keluar menjadi juara.

Juara sebelumnya dipegang oleh Joshua Harlow (Ving Rhames) yang berhasil bertahan hidup hingga waktu yang telah ditentukan habis. Tujuh tahun kemudian diadakan lagi turnamen tersebut di kota London. Joshua Harlow kembali masuk ke dalam daftar peserta, namun kali ini motivasi dia berbeda dengan motivasi 7 tahun yang lalu. Harlow ikut turnamen kali ini bukan untuk mendapatkan jumlah uang yang ditawarkan, melainkan lebih kepada misi balas dendam. Istrinya telah dibunuh tiga bulan yang lalu. Pembunuh istrinya menjadi salah satu peserta turnamen kali ini.

Di sisi lain, turnamen ini telah melibatkan warga sipil, yaitu seorang pendeta, Father MacAvoy (Robert Carlyle). Father MacAvoy meminum secangkir kopi yang di dalamnya terdapat alat pelacak bagi peserta turnamen. Jadilah Father MacAvoy yang terlacak oleh alat itu dan menyebabkan namanya masuk ke dalam jajaran peserta para pembunuh yang sangat berbahaya. Lai Lai Zhen (Kelly Hu) yang sebelumnya sedang mengejar salah satu peserta merasa kaget begitu melihat ternyata sasaran yang dia kejar adalah seorang lelaki dewasa yang kikuk, dan ternyata dia hanyalah seorang pendeta. Lai Lai Zhen akhirnya menjadi pelindung Father MacAvoy.

Joshua Harlow terus berusaha mengejar pembunuh istrinya. Harlow beranggapan bahwa Miles Slade (Ian Somerhalder) lah yang membunuh istrinya. Ketika akhirnya Harlow bertemu dengan Slade, dia tidak mengakui perbuatan yang memang bukan dia pelakunya. Harlow saat itu berhasil ditumbangkan oleh Slade. Slade pun memberitahu kalau Lai Lai Zhen lah yang membunuh istrinya.
Harlow segera mengejar Lai Lai Zhen. Dia sangat berhasrat untuk mengungkap kebenaran di balik kematian istrinya. Hingga akhirnya Harlow mengetahui siapa dalang sebenarnya yang meminta Lai Lai Zhen untuk membunuh istrinya."

Scott Mann berhasil membawa suasana ketegangan di dalam film ini. Selain itu, penonton juga dibuat menjadi ikut penasaran siapa sebenarnya pembunuh istri Harlow. Satu kesalahan fatal yang dilakukan Mann adalah ketika di mana Harlow telah diberitahu oleh Slade siapa pembunuh istrinya yang sebenarnya. Semua teka-teki yang telah dibangun sejak di awal film langsung lenyap begitu saja. Tiba-tiba semua teka-teki menjadi teramat mudah untuk dipecahkan oleh penonton. Beruntung ada adegan laga yang terasa sangat membantu film ini. Di saat penonton sudah tidak penasaran lagi dengan jalan ceritanya, penonton masih disuguhkan sajian laga yang cukup bagus.

Plot cerita yang disuguhkan The Tournament terasa kurang kuat. Sepertinya masih kurang geregetnya. Mann berusaha mengambil 'jalan aman' untuk film debutan Hollywoodnya ini. Dia memilih jalan cerita, konflik, dan klimaks yang sebelumnya juga telah banyak dapat kita lihat di film-film lain. Memang berhasil.. Sayangnya memang semua film yang berusaha mencarai 'jalan aman' selalu tampil lumayan namun tidak mengesankan. Jalan cerita yang tidak kuat berusaha ditutupi oleh Mann dengan menampilkan adegan-adegan laga yang cukup banyak dalam film ini. Selain itu adegan laga yang disuguhkan pun terasa lebih sadis. Saya menjadi teringat dngan film Ninja Assassin yang dibintangi oleh Rain. Darah bertebaran di man-mana dan bagian-bagian tubuh yang berceceran.

Gary Young dan Jonathan Frank berhasil membuat dialog-dialog dalam The Tournament dengan lumayan baik. Tidak terlalu dipenuhi oleh banyak percakapan namun tetap membuat penonton memahami setiap gerakan yang ditunjukkan oleh setiap karakternya. Saya sangat salut dengan body language ian somerhalder dalam film ini. Dia selalu saja berhasil memainkan peran sebagai karakter yang slenge'an dan tengil. Karater-karakter lain yang ada dalam The Tournament juga telah tampil dengan cukup bagus dan tidak mengecewakan.

Untuk standar sutradara dan penulis naskah yang memang masih minim pengalaman dalam perfilman Hollywood, The Tournament telah cukup berhasil tampil bagus.

Happy Watching...





2 komentar:

Anonim mengatakan...

filmnya keren brow sdikit ralat turnmenya di kota midlesbrough not london gw suka ma kraktr miles slade keren!!!!

Fatmila Alhadar mengatakan...

thank you yaaa buat ralatnya :)

Posting Komentar

It's About What???

2006 (3) 2007 (1) 2008 (5) 2009 (4) 2010 (37) 2011 (43) 3D (4) Academy Awards (2) Action (13) Adam Sandler (1) Adventure (1) Alex Pettyfer (1) Amanda Seyfried (3) Amber Heard (2) Amy Adams (1) Andrew Garfield (1) Angelina Jolie (1) Anne Hathaway (2) Ashton Kutcher (1) Asian (6) Ben Affleck (2) Ben Stiller (1) Biography (4) Blake Lively (1) Bruce Willis (2) Cam Gigandet (1) Cameron Diaz (1) Chloë Moretz (1) Chris Cooper (1) Chris Pine (1) Christian Bale (1) Christina Aguilera (1) Christina Ricci (1) CIA (1) Colin Firth (1) Comedy (10) Crime (11) Dakota Fanning (1) Dance (1) Daniel Radcliffe (1) Denzel Washington (1) Documenter (1) Drama (49) Drew Barrymore (2) Dustin Hoffman (1) Dwayne Johnson (1) Education (1) Emma Roberts (1) Emma Watson (1) Erotic (1) Facebook (2) Family (16) Fantasy (11) Fiction (4) Game (1) Game Online (1) Geoffrey Rush (1) Gerrard Butler (1) Halle Berry (1) Han Ji-Hye (1) Hayden Panettiere (1) Helena Bonham-Carter (1) History (1) Horror (20) India (1) Jake Gyllenhaal (1) Jalan-jalan (1) Jason Statham (1) Jennifer Aniston (1) Jennifer Lopez (1) Jepang (2) Jesse Eisenberg (2) Jessica Alba (1) Johny Depp (1) Josh Duhamel (1) Julia Roberts (1) June (1) Justin Long (2) Justin Timberlake (1) Kate Beckinsale (1) Katherine Heigl (1) Keira Knightley (1) Kevin Costner (1) Kristen Bell (2) Lee Chun-Hee (1) Lee Hwi-Hyang (1) Leighton Meester (1) Liam Neeson (1) Life As We Know It (2) Lippo Cikarang (1) Little Fockers (1) Logan Lerman (1) Ludacris (1) March (1) Mark Wahlberg (1) Mark Zuckerberg (1) Mary-Kate Olsen (1) Michelle Williams (1) Mila Kunis (1) Morgan Freeman (1) Movie (64) Movie Release (3) MTV Movie Awards (1) Musical (1) Mystery (11) Naomi Watts (1) Natalie Portman (2) Nicholas Cage (1) Nicole Kidman (1) November (1) Oscar (2) Owen Wilson (2) Psikologis (3) Ray Winstone (1) Rebeca Hall (1) Review (61) Robert De Niro (2) Romance (14) Rosario Dawson (1) Rupert Grint (1) Russel Crowe (1) Ryan Gosling (1) Ryan Reynolds (1) Sam Rockwell (1) SciFi (3) Sean Penn (1) South Korea (3) Sport (1) Synopsis (10) Thailand (1) Thriller (25) Tommy Lee Jones (1) Vanessa Hudgens (1) Waterboom (1)

Count Me In....

Diberdayakan oleh Blogger.
 
blog-indonesia.com