REVIEW: SHADOW & LIES (2010)

Selasa, 12 Juli 2011

|

Setelah segitu wahh-nya bermain dalam 127 Hours (2010), bahkan juga masuk ke dalam jajaran nominasi Best Actor Oscar 2011, namun harus saya akui kalau James Franco sangat salah untuk memutuskan bermain dalam Shadow & Lies. Entah apa yang ada dalam pikiran Franco pada saat dia menerima tawaran bermain sebagai pemeran utama dalam film ini. Ketika saya membeli dvd film ini, jelas saya mempunyai ekspektasi yang sangat teramat tinggi terhadap film ini. Ya, ekspektasi itu muncul karena melihat nama James Franco masuk ke dalam jajaran pemainnya dan cover dvd-nya.

Shadow & Lies ditangani oleh Jay Anania sebagai director dan writer. Anania sebenarnya tidak bisa dikatakan sebagai pendatang baru dalam dunia perfilman, karena dia sudah mulai men-direct film pertama kali pada tahun 1995. Hingga saat ini Anania sudah men-direct sebanyak sembilan film dan writer di delapan judul film. Hampir semua film yang sudah dia selesaikan menempatkan dirinya sebagai director dan writer, termasuk dalam film Shadow & Lies kali ini.

Shadow & Lies bercerita mengenai William Vincent (James Franco) yang baru saja kembali ke New York setelah beberapa lama meninggalkan kota tersebut. Ketika William berada di sanalah dia terlibat ke dalam sebuah kelompok gangster yang pada akhirnya membuat William berkhianat kepada kelompok gangsternya demi menyelamatkan nyawa seorang gadis yang dia cintai dari kejaran gangster tersebut.

Sebenarnya saya bingung untuk menuliskan sinopsis film ini dalam kalimat yang lebih panjang lagi, karena film ini membuat saya merasa stuck ketika menontonnya. Shadow & Lies memiliki plot cerita yang sangat biasa. Film ini terasa semakin mengenaskan karena di samping plot ceritanya yang sudah sangat biasa ditambah lagi dengan sangat minimnya percakapan dan adegan aksi dalam film ini. Di sepanjang film penonton akan disuguhi oleh adegan bisu. Mungkin Anania  bermaksud untuk membuat sebuah film yang dipenuhi oleh nilai-nilai artistik dengn meminimalkan percakapan dalam film ini, namun Anania tetap tidak mampu membuat adegan-adegan yang ada dalam Shadow & Lies menjadi cantik untuk disaksikan. Tentu saja ini tidak hanya kesalahan Anania sendiri, tapi juga kesalahan fatal yang dilakukan oleh bagian sinematografi. Shadow & Lies sangat tidak mampu menampilkan sebuah sinematografi yang cantik.

Menonton Shadow & Lies menjadi mengingatkan saya kepada film Black Swan (2010) yang dibintang oleh Natalie Portman dan film Lost in Translation (2003) yang dibintangi oleh Scarlett Johansson yang juga menampilkan sebuah film yang minimalis dalam adegan maupun percakapan. Perbedaan kedua film tersebut dengan Shadow & Lies adalah film-film tersebut mempu menampilkan sebuah sajian sinematografi yang cantik dan memukau para penontonnya. Entah mengapa Anania membuat Shadow & Lies tanpa ada gregetnya.

Akting darai aktor sekelas James Franco pun ternyata tidak mampu membantu mendongkrak Shadow & Lies. Franco sebenarnya sudah terlihat dan terasa menjiwai karakter yang dia mainkan, namun karena tidak didukung oleh alur cerita yang ciamik justru membuat akting Franco pun tidak dapat berkembang. Sedangkan karakter-karakter lain yang dihadirkan dalam film ini juga terasa hanya sekedar ala kadarnya saja, sangat tidak membantu bagi saya.

Gagalnya Anania dalam menggarapa film ini pun dapat kita lihat dari berbagai situs-situs movie, salah satunya seperti IMDb yang memberikan rating buruk terhadap Shadow & Lies, yaitu 3.8/10. Shadow & Lies juga masuk ke dalam jajaran salah satu film terburuk sepanjang masa yang pernah saya tonton.




0 komentar:

Posting Komentar

It's About What???

2006 (3) 2007 (1) 2008 (5) 2009 (4) 2010 (37) 2011 (43) 3D (4) Academy Awards (2) Action (13) Adam Sandler (1) Adventure (1) Alex Pettyfer (1) Amanda Seyfried (3) Amber Heard (2) Amy Adams (1) Andrew Garfield (1) Angelina Jolie (1) Anne Hathaway (2) Ashton Kutcher (1) Asian (6) Ben Affleck (2) Ben Stiller (1) Biography (4) Blake Lively (1) Bruce Willis (2) Cam Gigandet (1) Cameron Diaz (1) Chloë Moretz (1) Chris Cooper (1) Chris Pine (1) Christian Bale (1) Christina Aguilera (1) Christina Ricci (1) CIA (1) Colin Firth (1) Comedy (10) Crime (11) Dakota Fanning (1) Dance (1) Daniel Radcliffe (1) Denzel Washington (1) Documenter (1) Drama (49) Drew Barrymore (2) Dustin Hoffman (1) Dwayne Johnson (1) Education (1) Emma Roberts (1) Emma Watson (1) Erotic (1) Facebook (2) Family (16) Fantasy (11) Fiction (4) Game (1) Game Online (1) Geoffrey Rush (1) Gerrard Butler (1) Halle Berry (1) Han Ji-Hye (1) Hayden Panettiere (1) Helena Bonham-Carter (1) History (1) Horror (20) India (1) Jake Gyllenhaal (1) Jalan-jalan (1) Jason Statham (1) Jennifer Aniston (1) Jennifer Lopez (1) Jepang (2) Jesse Eisenberg (2) Jessica Alba (1) Johny Depp (1) Josh Duhamel (1) Julia Roberts (1) June (1) Justin Long (2) Justin Timberlake (1) Kate Beckinsale (1) Katherine Heigl (1) Keira Knightley (1) Kevin Costner (1) Kristen Bell (2) Lee Chun-Hee (1) Lee Hwi-Hyang (1) Leighton Meester (1) Liam Neeson (1) Life As We Know It (2) Lippo Cikarang (1) Little Fockers (1) Logan Lerman (1) Ludacris (1) March (1) Mark Wahlberg (1) Mark Zuckerberg (1) Mary-Kate Olsen (1) Michelle Williams (1) Mila Kunis (1) Morgan Freeman (1) Movie (64) Movie Release (3) MTV Movie Awards (1) Musical (1) Mystery (11) Naomi Watts (1) Natalie Portman (2) Nicholas Cage (1) Nicole Kidman (1) November (1) Oscar (2) Owen Wilson (2) Psikologis (3) Ray Winstone (1) Rebeca Hall (1) Review (61) Robert De Niro (2) Romance (14) Rosario Dawson (1) Rupert Grint (1) Russel Crowe (1) Ryan Gosling (1) Ryan Reynolds (1) Sam Rockwell (1) SciFi (3) Sean Penn (1) South Korea (3) Sport (1) Synopsis (10) Thailand (1) Thriller (25) Tommy Lee Jones (1) Vanessa Hudgens (1) Waterboom (1)

Count Me In....

Diberdayakan oleh Blogger.
 
blog-indonesia.com